Tips Gambar Suasana

20:27

Di blog lama saya ada satu tulisan yang mendapat lebih dari 10ribu pembaca, yaitu tulisan mengenai tips gambar suasana. Melihat peminat jurusan Seni Rupa dan Desain yang sangat besar, sedangkan blog lama sudah non aktif, maka tulisan tersebut saya tulis kembali disini. Tips-tips ini saya dapatkan dari pengalaman pribadi saat mengikuti les gambar.

Mengenai relevansi ujian masuk pasti ada perbedaan karena pada tahun 2010 ujian masuk FSRD ITB hanya terdiri dari psikotes, gambar psikotes*, gambar suasana, tes bakat skolastik, dan Bahasa Inggris. Namun selama masih ada jurusan yang mewajibkan calon mahasiswanya mengikuti tes gambar suasana, tips ini akan tetap berguna.

Contoh Gambar Suasana
(Sumber: www.gdg54.deviantart.com)

PERSIAPAN

  • Kalau tidak ada peraturan khusus tentang pensil, ada baiknya membawa pensil HB untuk sketsa, 2B untuk gambar, dan 3B untuk arsir.
  • Bawa lebih dari satu pensil karena akan menghemat waktu menyerut. Pensil yang masih tajam bisa dipakai untuk outline dan yang sudah agak tumpul untuk mengarsir bagian yang luas.
  • Bawa serutan yang diputar. Jangan menggunakan serutan manual karena sering membuat ujung pensil patah. Belum lagi serbuknya yang rentan mengotori kertas.
  • Minimalisir pemakaiaan penghapus. Buat saja sketsa tanpa penghapus supaya tahu letak kesalahan. Nantinya ketika sudah dioutline apalagi diarsir sisa-sisa sketsa akan tertutup dengan sendirinya.
  • Bagi waktu. Standar waktu pengerjaan adalah 100 menit. Buat timeline sendiri untuk beberapa hal: brainstorming, sketsa, outline, dan arsir. Sediakan waktu paling lama untuk arsir. Saat proses arsir bisa juga diberikan finishing touch gambar.


TEKNIK MENGGAMBAR

  • Hal yang paling penting adalah: baca soal dengan benar! Turuti perintah dan cerita yang diminta. Sebagus apapun gambarnya kalau tidak menjawab soal sama saja bohong.
  • Ada kalanya soal meminta untuk membagi kertas menjadi 2 bagian. Bagi kertasnya dengan menggunakan garis dan jangan dilipat. Garis pun tidak usah terlalu lurus asal tegas.
  • Jangan terlalu lama berpikir, tulis saja poin-poin penting yang harus digambar dan inti dari cerita supaya tidak lupa.
  • Karena ini adalah gambar suasana, maka konten gambar harus bercerita. Misalnya ketika mendapat tema suasana restoran jangan hanya menggambar restoran saja, tapi juga elemen inti restoran seperti kasir, waitress, dan pembeli. Buat juga cerita yang unik. Contohnya ide waitress menumpahkan minuman sudah sangat biasa (kecuali bisa menggambarkan ekpresi dengan sangat baik seperti gambar di atas), coba buat yang lebih out of the box seperti shooting acara wisata kuliner.
  • Buat suasana senyata mungkin. Tambahkan elemen pendukung yang memperjelas gambar sehingga dalam pandangan pertama orang langsung memahami maksud gambar tanpa harus bertanya lagi. Banyak-mengamati suana sekitar. Jangan sampai gambar tidak masuk akal. Pada gambar di atas kita langsung tahu suasana yang digambarkan adalah restoran dan bukan ruang makan karena banyaknya orang, papan logo, menu, dapur, dan koki.
  • Pertama-tama susun blocking tokoh. Minimal dalam satu gambar suasana ada 10 orang supaya gambar tidak sepi. Ada satu orang yang memblock di depan boleh saja (bagus untuk menunjukkan ekspresi dan mengarahkan inti gambar lewat arah mata) asal makin ke belakang orang-orang lainnya makin kecil. Selesai itu baru tambahkan background dan objek lainnya.
  • Perspektif boleh digunakan tapi jangan terlalu ekstrim karena yang terpenting adalah cerita dan suasananya bisa digambarkan dengan baik.
  • Setelah sketsa selesai, beri outline (menebalkan garis). Jangan ragu-ragu saat menarik garis. Anggap saja sedang mengisi LJK dengan pensil 2B. Seperti itu tebal garis yang ideal.
  • Outline selesai, waktunya mengarsir. Arsir sehitam mungkin. Intinya gambar harus keliatan stand out diantara gambar-gambar lainnya. Kalau dilihat sekilas dari jauh kertas masih terlihat ‘putih’ maka arsiran masih kurang.
  • Terakhir bisa diberikan finishing touch berupa penambahan pola dan mengisi blok-blok yang masih terlihat kosong dengan objek pelengkap.


MENGGAMBAR MANUSIA

  • Tantangan yang hampir dihadapi seluruh pemula adalah gambar manusia yang masih seperti manga. Latihan menggambar manusia dengan mencontoh komik boleh saja, tapi coba pilih komik-komik Marvel atau DC yang lebih menyerupai figur manusia sesungguhnya. Perhatikan proporsi dan gestur manusia dengan benar.
  • Jangan ada efek-efek komik seperti balon kata atau garis-garis untuk memperlihatkan ekspresi kaget atau malu. Ekspresi harus sepenuhnya tergambarkan lewat raut muka dan gestur badan.
  • Buat variasi ekspresi dalam gambar. Perbanyak latihan membuat berbagai macam ekspresi dasar yaitu senang, tertawa, takut, marah, jijik, malu, sedih, dan kaget.
  • Setelah ekspresi, jangan lupa gestur. Latihan juga menggambar berbagai gestur misalnya jatuh, jalan, lari, duduk, menunjuk, dan sebagainya.
  • Tambahkan interaksi. Gambarkan orang-orang yang sedang mengobrol, bermain, bergandengan, tos, atau apapun asal berinteraksi. Interaksi juga bisa dari tatapan mata atau menunjuk.
  • Buat variasi umur. Ada anak kecil, ada orang dewasa, ada lansia.
  • Buat variasi gaya. Ada preman, ada pengemis, ada orang berseragam, ada yang botak, ada yang gondrong, ada yang berkerudung. Cari apapun yang bisa membedakan atribut visual orang-orang pada gambar.


TIPS LAIN

  • Sebisa mungkin hindari menggambar objek alam seperti langit, awan, rumput, dan pohon. Karena gambar harus realistis dan mengarsir objek-objek tersebut terbilang sulit.
  • Sering-sering latihan menggambar berbagai objek indoor atau outdoor. Gunanya agar kita bisa mengisi bagian-bagian yang kosong dengan objek yang mendukung cerita. Jangan diremehkan, bisa jadi kita akan kaget sendiri ketika saat tes ingin menggambar gerobak kaki lima tapi bingung bentuk dan detailnya seperti apa.
  • Coba gambar benda-benda yang tidak biasa. Sudah siapkah apabila tiba-tiba ada soal yang mengharuskan untuk menggambar barongsai? Reog ponorogo? Wayang? Gamelan?
  • Buat daftar pola dan elemen visual yang ada di sekitar kita. Pola kayu, metal, busa, kain, juga berbagai logo restoran, logo makanan, sampai merk baju. Pola itu bagus karena sangat terlihat bahasa rupanya sekaligus sebagai variasi detail selain arsir.

Semoga beruntung dengan tesnya!

*PS. Tes gambar psikotes mirip dengan tes krappelin dimana ada beberapa figur abstrak dalam satu kertas dan kita diminta untuk membuat satu bentuk utuh yang memadukan seluruh figur tersebut. Saat tes dulu ada 9 kumpulan figur yang sama di 9 kertas soal yang artinya kita harus membuat 9 gambar berbeda dari figur yang sama. Tentunya bentuk yang digambar harus sesuai tema yang diminta dan diberi waktu beberapa menit saja untuk menguji kreativitas (bukan melulu kemampuan seperti gambar suasana).

You Might Also Like

26 comments

  1. Nice Blog. Bukan karena kamu perempuan lho! Tapi karena blognya emg bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca dan memberi komentar :) Semoga blog ini bisa konsisten dalam memberi informasi dan edukasi dalam bidang terkait.

      Delete
  2. Terimakasih atas tipsnya kak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, semoga saat dipraktikkan bisa membawa hasil yang baik yaa.

      Delete
  3. makasih infonya. btw kak, kamu masuk fsrd itb kan? smt berapa? di jawab yaa plis :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sudah lulus dari FSRD ITB, angkatan 2010.

      Delete
  4. Kalau saja tips ini dibuat dulu tahun 2010 pas gw mau tes gambar DKV, mgkn gw bisa lolos XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah ada kok, tapi di blog saya yang lama. Kontennya sama saja.

      Delete
  5. Ooouuu... Oke oke kaak... Jadi tau nih.. Makasih banget ya kaakkk tips tipsnya...:D:D

    ReplyDelete
  6. ka yang masuk fsrd itb itu rata2 yang les di villmer ya? kalo ngga les kira2 susah ga kak? sebenernya kriteria masuk fsrd itu karena gambarnya bagus atau faktor lain? makasi ka

    ReplyDelete
  7. Kak, kasih saran dong buat aku yg mau masuk fsrd ITB😣

    ReplyDelete
  8. Yosh. Makasih kakaaaaaa. 😘

    ReplyDelete
  9. Ilmunya sangat bermanfaat kak terima kasih udah mau nge share :D

    ReplyDelete
  10. Semoga besok bisa lolos SBM FSRD 2017 aminn,, thanks buat tipsnya kak!!^^

    ReplyDelete
  11. Terima kasih kak, saya akan coba tips ini , semoga saya bisa keterima di FSRD ITB aminn

    ReplyDelete
  12. AGEN DOMINO Terpercaya di Indonesia VIPQIUQIU99.COM Merupakan Situs dengan Server Terbaik serta Permainan yang Fair dan Nyata, 200%(NOROBOT). Proses Transaksi Deposit & Withdraw Tercepat dengan Tingkat Keamanan Terpercaya. VipQiuQiu99.com juga Menyediakan 6 Games yang dapat Dimainkan hanya Menggunakan Satu ID :
    - Play Domino99
    - Play AduQ
    - Play BandarQ
    - Play Poker
    - Bandar Poker
    - Capsa Susun
    - Sakong
    Untuk Deposit & Withdraw hanya Rp,20.000
    Member juga bisa mendapatkan Bonus yang sudah kami sediakan yaitu :
    - Bonus Refferal 10%+10% Setiap Jum'at
    - Bonus Turnover 0,3% Setiap Senin
    Untuk Keterangan Lebih Lanjut Atau Jelasnya Silahkan Hubungi Kami Melalui :
    - Live Chat
    - No.Hp (+85570931456)
    - Bbm (2B48B175)
    - Fecebook (VIPQIUQIU99)
    Buruan Bergabung Bersama kami Di VIPQIUQIU99.COM atau Klik Link Kami : https://goo.gl/pAGgYe dan Nikmati Berbagai Permainan Serta Promo yang telah Kami sediakan untuk Para Pecinta Judi Online!!!

    ReplyDelete
  13. terima kasih mbak, artikelnya sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Mantep, mau belajar belajar lagi
    Semoga bisa lulus fsrd itb

    ReplyDelete
  16. Thanks,mambantu banget, Semoga saya lulus PTN paporit saya.

    ReplyDelete
  17. Makasih banyak kak, tipsnya ngebantu banget

    ReplyDelete
  18. Terima kasih kak untuk tips dan infonya, bermanfaat banget.:)

    ReplyDelete
  19. terimakasih banyaakk kaak tipsnya sangat membantuu

    ReplyDelete
  20. Yuk Gabung Di Bolacasino88.com
    Dapatkan Promo Deposit 100% Sportsbook
    Minimal Deposit Promo 100% Sportsbook Rp 300.000
    Maksimal Bonus Sampai Rp 500.000
    Dapatkan Juga Promo Menarik Lain nya !!!

    Untuk Informasi Lebih Lanjut Silahkan Hubungi CS Kami Di :

    - No Tlp ( +855962671826 )
    - BBM ( 2BF2F87E )
    - Yahoo ( cs_bolacasino88 )
    - WhatsApp ( +855962671826 )

    Baca Juga Prediksi Bola Tanggal 22 October 2017 :

    http://prediksitoto.online/prediksi-tottenham-hotspur-vs-liverpool/
    http://prediksitoto.online/prediksi-everton-vs-arsenal-22-okt-2017/
    http://prediksitoto.online/prediksi-bola-milan-vs-genoa-22-okt-2017/
    http://prediksitoto.online/prediksi-bola-napoli-vs-inter-milan/
    http://prediksitoto.online/prediksi-barcelona-vs-malaga-22-okt-2017/
    http://prediksitoto.online/prediksi-bola-udinese-vs-juventus/

    ReplyDelete
  21. tipsnya sangat bagus dan menambah pengetahuan. saya suka membacanya. jangan lupa untuk mampir ke http://brangkas.id/ ya

    ReplyDelete